Minggu, 01 Maret 2015

TODAY NEWS

Pengancam Bom di Hotel Sparks Mangga Besar Ditangkap di Aceh Utara


Mei Amelia R - detikNews

Jakarta - Tim gabungan kepolisian berhasil menangkap pelaku teror bom di Hotel Sparks, Jl Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat. Pelaku bernama Ridwan (26) ditangkap di kawasan Tanah Jambo, Aceh Utara.

Kasubdit Jatanras Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan yang dikonfirmasi detikcom membenarkan adanya penangkapan tersebut.

"Betul, yang bersangkutan masih kami sidik untuk motifnya," ujar Herry saat dikonfirmasi detikcom, Senin (2/3/2015).

Tersangka ditangkap Tim Opsnal Unit II Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Ditreskrimum Polda Aceh yang dipimpin Kanit II Subdit Jatanras Polda Metro Jaya Kompol Teuku Arsya Khadafi, di rumahnya di Dusun Teupin Bayu Utara Kelurahan Teupin Bayu, Kecamatan Tanah Jamboaye, Aceh Utara, pada Sabtu (28/2) pukul 23.30 WIB.

Dari hasil penyelidikan polisi, tersangka menelepon Hotel Sparks dan mengancam meletakkan bom di hotel tersebut, pada Kamis (26/2) lalu. Ia juga mengaku sebagai panglima teroris penegak Islam.

Dari tersangka, polisi menyita barang bukti 2 unit telepon seluler yang digunakan untuk melakukan teror dan juga satu buah buku tabungan.

Saat ini pihak kepolisian masih melakukan pendalaman terhadap tersangka, untuk menggali kemungkinan ada-tidaknya keterlibatannya dalam kelompok teroris.
BERITA INI didapat dari ..
 

Dari kesimpulan ya saya peroleh keriminal di dunia ini terjadi karena banyak perselisihan .bisa jadi karena perbedaan pendapat maupun agama yang sering kali bertentangan .oleh karena itu sebaiknya masyarakat lebih dapat berbaur membangun dan bersama sama berkerja sama maupun saling bersosial.

Penyebab tindakan terorisme di Indonesia
Pola Terorisme terus berubah dan berkembang. Sedangkan pada permukaan pada intinya tetap "Merencanakan suatu tindakan dengan menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang melanggar hukum untuk menanamkan rasa takut ..." Ini sangat efektif digunakan sebagai alat strategis dalam menghadapi Lawan yang dihadapinya. Terorisme tentu bukan sesuatu yang muncul dari ruang hampa. Dia memerlukan kultur tertentu untuk tumbuh. Penyebab terorisme perlu dikenali karena ini berkait dengan upaya pencegahannya. Berikut adalah 5 sebab terorisme:
1.      Kesukuan, nasionalisme/separatism
Tindak teror ini terjadi di daerah yang dilanda konflik antar etnis/suku atau pada suatu bangsa yang ingin memerdekan diri. Menebar teror akhirnya digunakan pula sebagai satu cara untuk mencapai tujuan atau alat perjuangan. Sasarannya jelas, yaitu etnis atau bangsa lain yang sedang diperangi.
2.      Kemiskinan dan kesenjangan dan globalisasi 
Kemiskinan dan kesenjangan ternyata menjadi masalah sosial yang mampu memantik terorisme. Kemiskinan dapat dibedakan menjadi 2 macam: kemiskinan natural dan kemiskinan struktural. Kemiskinan natural bisa dibilang “miskin dari asalnya”. Sedang kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang dibuat. Ini terjadi ketika penguasa justru mengeluarkan kebijakan yang malah memiskinkan rakyatnya. Jenis kemiskinan kedua punya potensi lebih tinggi bagi munculnya terorisme.
Yang dapat kita lakukan / NEGARA LAKUKAN
a.       Operasi intelijen termasuk pencegahan, penindakan dan penanggulangan terorisme;
b.  
Koordinasi seluruh badan-badan intelijen pusat dan daerah di seluruh wilayah NKRI dalam pelaksanaan operasi intelijen yang melingkupi pencegahan, penindakan dan penanggulangan terorisme;
c.  
Pengkajian, analisis intelijen perkembangan lingkungan strategis, pengolahan dan penyusunan produk intelijen;
d.     
Pengadaan sarana dan prasarana operasional intelijen di pusat dan daerah.
SEKIAN OPINI SAYA TERIMA KASIH .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar