Jumat, 03 Oktober 2014

Ulangan opini berita

 

Pagi Hari, 3 Kecelakaan Mobil Terjadi di Jakarta

 

 Sabtu, 4  Oktober 2014 | 06:10 WIB

Shutterstock Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabtu (3/10/2014), ada tiga kecelakaan mobil yang terjadi di wilayah Jakarta, pagi hari ini.

Berdasar data dari akun twitter TMC Polda Metro Jaya, pukul 02.55 pagi terjadi kecelakaan mobil di Jalan Asia Afrika, Senayan. Mobil bertipe BMW dengan nomor pelat B 2075 MP menabrak pembatas jalan. Sampai saat ini, kecelakaan masih ditangani oleh pihak Polri.

Menyusul kecelakaan mobil BMW, di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, terjadi kecelakaan yang melibatkan dua mobil. "03:48, Kecelakaan 2 kendaraan di dpn Sudirman Plaza Jl. Jend. Sudirman & msh penanganan Polri," tulis akun TMC Polda Metro Jaya.

Selang beberapa waktu, kecelakaan kembali terjadi di Gatot Subroto. "04:08 Kecelakaan Honda City B 8804 ZW di Layang dpn JCC Jl. Gatot Subroto (arah ke Semanggi) & msh penanganan Polri," tulisnya.


 Opini :

               Menurut saya kecelakaan yang terjadi di daerah Jakarta adalah masalah kecil dikarenakan kelalaian masyarakat saat mengemudi.bisa jadi mereka yang mengalami tabrakan di jalan di karenakan kelelahan,sakit,memainkan hp,dan mengantuk. 
               Saran yang saya berikan kepada pengendara sebaiknya pengendara di jalan raya lebih mementingkan keselamatanya .Jika mereka sedang sakit / mengantuk sebaiknya mereka istirahat dulu dan jika sudah sehat lanjut melakukan aktifitasnya . . satu saran saya yang tidak kalah pentingnya sebaiknya mereka yang melakukan perjalanan mengutamakan perauran lalu lintas dikarenakan lalulintas sangat penting untuk keamanan dan juga kselamatan pengemudi dan masyarakat 
               Hal yang bisa kita  pelajari adalah 
  Kita harus lebih mementingkan keselamatan berlalulintas 
 Ikuti semua peraturan lalulintas
Berhati hati dan selalu fokus saat berkendara 

Pastikan Mobil Anda Berada Dalam Kondisi yang Sehat

Kegagalan salah satu fungsi dari mobil Anda dapat menyebabkan kecelakaan, seperti ban pecah, rem blong dan lain sebagainya perawatan mobil dengan benar . Anda tentunya tidak ingin membayangkan jika terjadi lebih dari satu kegagalan fungsi sekaligus saat berkendara. Untuk menghindari hal tersebut, lakukanlah secara berkala.

Tentukan Posisi Terbaik Untuk Mengemudi

Menguasai kontrol terhadap mobil Anda dimulai dengan menentukan posisi mengemudi terbaik, dimana Anda dapat dengan nyaman dan mudah meraih dan mengendalikan setir, tuas perseneling dan seluruh pedal dengan mudah saat bermanuver dalam berbagai kondisi.

Pastikan Anda Dapat Melihat Dengan Jelas

Jika Anda memiliki masalah penglihatan, gunakanlah kaca mata atau sarana pendukung lainnya setiap kali Anda mengemudi. Anda mungkin tes mata saat membuat SIM, tetapi tanpa pandangan yang benar-benar jelas saat mengemudi tidak hanya akan membahayakan diri Anda, namun juga orang lain disekeliling Anda.

Posisikan Kaca Spion Untuk Pandangan Terbaik

Pandangan ke depan adalah pandangan utama saat mengemudi, namun pandangan ke belakang tidak kalah pentingnya. Untuk itu pastikan bahwa semua kaca spion pada mobil Anda memberikan pandangan maksimal terhadap situasi jalan dibelakang mobil Anda. Jika ada yang rusak atau pecah, segeralah ganti dengan yang baru. Karena biaya kejutan yang menanti Anda saat berkendara tanpa kaca spion akan lebih mahal dibandingkan membeli yang baru.

Jangan Lupa Gunakan Sabuk Pengaman

Sebagian besar mobil sudah dilengkapi dengan indikator berupa lampu, suara, ataupun keduanya yang akan terus mengingatkan pengemudi untuk menggunakan sabuk pengaman. Walaupun sekarang-sekarang ini semakin banyak mobil yang dilengkapi dengan sistem keamanan  (Kantung Udara), dalam banyak kasus kecelakaan, sabuk pengaman masih memegang peranan utama dalam menyelamatkan nyawa penumpang.

Letakan Tangan Kiri di Posisi Jam 9, dan Tangan Kanan di Posisi Jam 3

Posisi memegang kemudi seperti ini bukanlah sekedar teori, namun telah diperhitungkan dengan matang dan memungkinkan pengemudi untuk merespon dengan cepat serta terkoordinasi saat menghadapi keadaan darurat. Percayalah, Anda tidak ingin terjebak dalam situasi darurat dengan hanya satu tangan diatas kemudi.

Jangan Biarkan Konsentrasi Terganggu

Jauhkan kebiasaan buruk mengalihkan konsentrasi Anda ke hal lain selain mengemudi, seperti melakukan dan menerima panggilan telepon, atau bahkan mengetik pesan sepanjang jalan. Hal-hal tersebut terbukti sangat berbahaya, sebab dengan situasi jalan yang kini semakin ramai, dibutuhkan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dalam mengendalikan mobil Anda hingga tujuan.



Sumber : mau tau sumbernya dari mana klik aja di sini  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar